World Famous Second Hand Stores*

Belanja barang fashion second hand makin digemari seiring kembali digemarinya vintage style. Dan ini enggak hanya di Indonesia, lho. Kita bisa menemukan second hand store di berbagai belahan dunia. And they're famous!

Di Amerika, second hand store biasa disebut sebagai thrift store. Orang Inggris biasa menyebutnya charity shop, sementara orang Australia menyebutnya OP alias opportunity shop. Kenapa disebut charity? Soalnya kebanyakan dari toko ini adalah toko yang dikelola sama organisasi sosial yang sebagain keuntungannya diberikan sama orang-orang enggak mampu.

Selain bisa menghemat budget, belanja di second hand store juga bisa jadi salah satu kegiatan yang mendukung pelestarian likungan, soalnya kita ikut nge-recycle barang lama.

Tren second hand shoping juga dialami kalangan selebriti Hollywood. Sebut aja nama-nama kaya Drew Barrymore, Reese Witherspoon, Zac Efron, dan Kylie Minogue yang sering banget hunting dan pake baju-baju second hand. Intip yuk, second hand stores yang terkenal di dunia!

Goodwill Thrift Shop, New York US
Berbagai baju vintage, tas, sepatu dan mainan dari para desainer ternama dengan harga yang miring banget dengan kualitas terjamin ada di sini. Kita bisa nemuin silk DKNY wrap dress cuma dengan harga kurang dari Rp200 ribu. Ataupun Jimmy Choo leather boots dengan harga Rp150 ribu aja. Si ganteng Zac Efron pun ternyata memilih toko Goodwil ini kalau dia lagi pingin nyari baju-baju vintage, salah satunya adalah tuxedo buat prom-nya. "Aku dapet ide yang cemerlang buat pakai vintage tuxedo ke  prom. Aku bertekad banget dapetin tuxedo vintage, jadi aku pergi ke Goodwill."

Decades, Los Angeles US
Decades ini disebut-sebut sebagai toko second hand terbaik di Los Angeles dan populer banget di Amerika. Enggak heran, soalnya Kate Moss, Charlize Theron dan Kate Beckinsale melanggan di sini. Mulai dari jaket-jaket full color dari tahun 80-an, mantel bulu dari tahun 40-an, gaun-gaun pesta dari tahun 50-an hingga handbags dari tahun 70-an dari berbagai merk seperti Chanel, Gucci, Givenchy or Valentino ada di sini.

Rokit Vintage, London UK
Surganya barang vintage di London! Toko yang berdiri sejak tahun 1986 ini udah punya cabang di Camden London, Brick Lane dan Covent Garden. Di sini, kita bisa nemuin barang vintage yang autentik langka dan khas. Enggak cuma gaun vintage dari desainer ternama tapi juga baju unik lainnya yang cocok buat kita pakai sehari-hari. Untuk pakaian cewek, Rokit nyediain berbagai baju antik dari tahun 40-an sampai 80-an, termasuk rok tutu tahun 80-an ala Madonna yang full color. Selain baju, kita juga bisa dapetin berbagai aksesoris kaya kacamata, glove, tas, dompet, syal dan topi sampai barang-barang kaya gantungan kunci dan payung yang unik-unik. Baju-baju di sini juga sering banget di pajang di majalah-majalah fashion terkenak kaya Vogue, Dazed and Confused and i-D Magazine.

Mr. Ryan's World Famous 2nd Hand Shop, Manchester UK
Salah satu toko second hand terbesar di Manchester. Di sini kita bakal nemuin stok berbagai jenis baju dan pernak-pernik dari mulai yang biasa dan hingga bermerek. Selain harganya yang miring banget, kelebihan belanjan di sini juga adalah para pelayan tokonya yang ramah. Mereka enggak akan segan buat nawarin ataupun mencarikan barang-barang yang kira-kira akan cocok buat kita.

Mecwa Op Shop
, Victoria AUS

Mecwa Op Shop adalah bagian dari jaringan sosial Mecwacare yang fokus untuk menjaring dana bagi orang jompo dan disable. Salah satu Mecwa Op Shop yang paling terkenal adalah yang terletak di Wattletree Road. Mecwa nyedain berbagai macam pakaian dan aksesoris hingga pernak-pernik vintage, tentunya dengan harga yang terjangkau banget. Mecwa Op Shop ini juga adalah tempat langganannya Kylie Minogue kalau lagi pingin hunting barang vintage. Kylie pernah keluar dari toko ini dengan sebuah kalung unik.

*Repost dari majalah Kawanku Magazine edisi 4 Mei 2012

Comments

Popular Posts