Kegiatan Luang Sebagai Istri Rumah Tangga



Sebelum aku memutuskan untuk berhenti bekerja, sempat terlintas di benak kegiatan apa saja yang akan aku lakukan dalam menjalani hari-hari. Suami berkeinginan agar istri tidak perlu bekerja di kantor, karena suami aku selalu panik kalo aku sakit dan khawatir kecapekan. Tanpa ada tendensi untuk mendominasi akhirnya keputusan ini aku terima setelah datangnya kabar bahagia bahwa aku hamil. Nah berhubung karena si jabang bayi masih di dalam rahim, jadi kegiatan apa saja yang dapat kita lakukan dalam mengisi waktu luang? Kalo ibu rumah tangga pasti kelihatan ya tugas utamanya ngurusin anak. Kalo yang belum ada momongan kita bisa ngapain aja di rumah? 

Bukan berarti dengan berhenti bekerja setengah dari penghasilan kita berkurang. Aku sendiri tidak memahami seperti apa rumusnya, namun rezeki suami semakin deras dan tambah lancar setelah aku berhenti bekerja. Secara logika bisa jadi karena doa istri yang lebih banyak beribadah mendoakan kesuksesan suami atau bisa juga karena tentu suami lebih diperhatikan dalam keseharian sehingga ia lebih bersemangat dalam bekerja. Istri yang tidak bekerja tentu kegiatannya fokus kepada kegiatan rumah tangga dan perhatian ke keluarga. 

Namun untuk kasus orang-orang yang sudah terbiasa dengan kesibukan bekerja di kantor dengan tugas deadline pekerjaan, pasti bingung kalo ditanya mau nggak jadi ibu rumah tangga aja? Yang ada di pikiran bukan karena tak berpenghasilan, tapi lebih kepada pikiran “ntar aku ngapain ya di rumah?”. Itu yang terlintas di benak aku dulu. Namun setelah menjalaninya, ternyata banyak kegiatan yang dapat kita lakukan untuk mengisi kekosongan sebelum datangnya si buah hati. Misal:  

Menulis
Kegiatan menulis seperti menjadi blogger telah aku jalani sejak kuliah dulu. Hanya saja sering terabaikan karena banyaknya kegiatan kampus. Saat ini aku punya cukup banyak waktu untuk menuangkan ide-ide liar yang tiba-tiba terlintas di pikiran. 

Membaca
Salah satu kegiatan paling mengasyikkan yang dapat dilakukan kapan saja oleh siapa saja adalah membaca. Meski bekerja pasti banyak kesempatan yang dapat dilakukan untuk membaca, apalagi jika sudah jadi istri rumah tangga.

Menjahit
Menjahit sendiri adalah keahlian dasar yang sebenarnya semi wajib dimiliki oleh setiap perempuan. Dengan bisa menjahit, kita bisa memiliki model-model baju yang kita inginkan yang tidak dijual di pasar. Dan adalah sebuah kebahagian tersendiri saat kita dapat menggunakan hasil jahitan dari baju buatan sendiri. Menjahit bisa dijadikan hoby yang sangat menguntungkan.

Bisnis Online
Di era digital saat ini, ada banyak fasilitas gratis yang menyediakan pasar-pasar untuk kita berjualan. Jika tidak memiliki modal dan ingin berjualan, kita bisa memulai dengan menjadi dropshipper yaitu menjual barang dari pedagang lain. Mulailah dengan menawarkan dagangan kenalan kita kepada teman-teman yang belum mengetahuinya via bbm dan media sosial lainnya. Jika anda cukup berani, bisa langsung mengambil barang dari pusat grosir dan memasang iklan di situs-situs yang telah disediakan. Hoby ini bisa menambah penghasilan. Yang baca boleh juga berkunjung ke www.rosyida.com lho.

Memasak
Mengasah keahlian memasak adalah kegiatan yang sangat penting dilakukan seorang istri. Bayangkan saja bahwa kita harus mencukupi kebutuhan pangan keluarga dengan menu yang berbeda-beda setiap harinya. Tidak hanya untuk membuat seisi keluarga kenyang, namun memastikan kecukupan gizi keluarga adalah tugas istri. Mencoba resp-resep masakan ataupun kue adalah hal yang teramat menyenangkan. Jika gagal coba lagi, gagal coba lagi. Pada saatnya si buah hati telah lahir, kita telah mahir dalam memasak. Kelak kita akan menjadi chef andalan bagi anak kita. Hal yang sangat membanggakan bukan meski masih dalam angan, apalagi kalo sudah kejadian.

Kegiatan Sosial
Jika dulu di kampus kita bisa masuk organisasi yang kita inginkan demi mengasah naluri sosial, dalam kehidupan sehari-hari jiwa sosial ini juga harus selalu ditumbuhkan agar tidak mati. Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah berbincang dengan para tetangga, tukang sayur, dan menemui banyak orang untuk sekedar ngobrol dan bertegur sapa. Bersosialisasi dengan orang banyak adalah semacam kekuatan interpersonal yang dapat membuat hati kita bahagia. 

Kegiatan Dasar Istri
Ada yang bilang bahwa memasak, mencuci pakaian,membersihkan rumah itu bukan kewajiban istri melainkan suami. Istri hanya berkewajiban mendidik anak. Namun alangkah baiknya jika pekerjaan-pekerjaan tersebut istri yang lakukan. Selain pahala kita bertambah, kita tidak boleh egois terhadap suami bukan? Merawat rumah terdengar pekerjaan yang sangat remeh, namun di sinilah letak kehebatan perempuan. Meski harus bekerja, mengurus anak, banyak pekerjaan kecil nan rumit kita tangani di dalam rumah. Indah sekali jika suami dan istri bekerja sama dalam menangani pekerjaan rumah kita.

Beberapa opsi di atas berdasar kegiatan yang sering aku lakukan dalam mengisi waktu sebagai istri rumah tangga. Ketika masih bekerja dulu pun sebenarnya kegiatan di atas adalah kegiatan hiburan rutin yang biasa aku lakukan dalam mengisi waktu kosong khususnya weekend. Hanya saja untuk saat ini porsinya lebih besar. Bagi yang memiliki hoby yang berbeda bisa menyesuaikan dengan hoby yang dimilikinya, seperti bermusik, menyulam, dll. Yang pasti jika pada saatnya kita dihadapkan pada keputusan harus menjadi istri rumah tangga, maka kita tidak lagi takut “mau ngapain ya di rumah?”. Ada banyak hal-hal positif yang bisa kita lakukan. Jika sudah benar-benar menjadi ibu rumah tangga kita tidak perlu lagi bingung mau ngapain karena sudah ada momongan yang diurus. Dan bayangkan jika kita dengan lihai mengurus buah hati dan masih bisa menjalankan hoby seperti di atas alangkah sangat menakjubkan bukan? Aku sendiri yakin bahwa rajin itu diasah. Tidak bisa kita belajar mengurus rumah tangga dengan tiba-tiba. Mungkin saja bisa, namun pasti cukup kelabakan.

Selamat menikmati kehidupan sebagai istri rumah tangga. Kelak kita akan menjadi ibu rumah tangga yang HEBAT.  


Comments

Popular Posts