Pengalaman (itu selalu) Berharga

Sebuah anugerah terindah yang telah Allah limpahkan kepadaku adalah dikaruniakannya mata indah ini untuk melihat, sepasang kaki dan tangan ini untuk berjalan menuju yang haq dan menolak yang bathil. Juga organ-organ dalam raga ini yang telah diatur sesuai fungsinya, nyawa yang telah Allah hembuskan berwujud separuh nafas yang dengan ini aku bisa hidup dan mendapat kesempatan untuk berbuat kebaikan. Semoga apa yang telah Ia anugerahkan ini bisa ku manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk menggapai ridlo Yang Maha Kuasa Allah Azza wa Jalla.

Experience is the best teacher, ketika ia mengajarkan kita untuk memaknai arti hidup yang hakiki yang tak sepenuhnya diajarkan di bangku sekolah. Itulah mengapa Allah mewahyukan surat al-Iqro’ yang artinya ‘bacalah’ di mana kalimah amri itu tak hanya perintah untuk membaca apa yang nampak melainkan juga untuk belajar hal-hal ghaib yang tak nampak oleh mata. Dan alam pun bertasbih memuji asmaNya.

Pondok Pesantren AL-Iman Putri, di sinilah aku memulai belajar dari tingkat MTS hingga MA. Di tempat ini pula aku belajar memahami hidup yang penuh rahasia. Aku termasuk golongan dari santri berprestasi baik dalam belajar maupun kegiatan di luar kelas. Mulai dari SD hingga MA menyandang peringkat satu tiap semesternya, hingga kelulusan MA, predikat camlaude/mumtaz berhasil ku raih.

Aku berada pada periode terbanyak sepanjang perjalanan pondokku berdiri. Walau tak sebanding dengan pondok-pondok besar lain, tapi masalah kurikulum pengajaran, AL-Iman bisa mendapat acungan. Al-Iman menggunakan 100% kurikulum KMI, pelajaran umum khususnya yang diuji dalam ujian Nasional, kajian kitab salafi, SMK tata busana, penjurusan IPA-IPS, didukung kegiatan ekstrakurikuler yang beragam.

Dalam kepramukaan aku adalah anak yang mempunyai kemampuan menonjol. Hingga terpilih menjadi ketua koordinator pramuka, ankuang Drumband, divisi kajian dan diskusi ilmiah pada tahun 2007 lalu. Drs. KH. Imam Bajuri, M.PdI adalah salah seorang sosok yang aku kagumi. Beliau adalah kyai pondokku. Seorang figur kyai yang selalu melakukan pekerjaan tak layak dikerjakan seorang kyai. Menyiram tanaman, memimpin senam, dan hibinya memlihara tumbuhan dan hewan agak langka layaknya bunga seribu, burung merak, kera, dan parkit. Karena semangat juang dan kegigihannya yang tinggi, aq menjadikan beliau panutan dalam hal energisitas.

Dalam acara Jamrana Gontor, aku terpilih menjadi miss scouting, acara Nasional yang ini diikuti oleh pondok-pondok alumni atau cabang Gontor dari seluruh Indonesia. Bidang pramuka adalah bidang yang telah aku geluti sejak kelas empat SD hingga lulus MA. Dari pramuka aku banyak belajar tentang hidup bersama teman, masyarakat, hidup di jalan, pegunungan, juga di tengah hutan. Kesemuanya adalah pelajaran berharga.

Di penghujung kelas IV KMI/XII MA, pondokku benar-benar mencetak kader alumninya menjadi kader siap juang di masyarakat. Pondok mengadakan practical tecahing/amaliyah at-tadris yaitu usaha untuk mencetak para tenaga pendidik yang bukan hanya berprofesi sebagai pengajar. Pengarah imamah wa dakwah al-islamiyah disusun untuk menciptakan da’i-da’iah unggul yang bisa terjun ke masyarakat untuk tetap memperjuangkan agama islam li’ilaikalimatillah. Pengarahan rihlah al-iqtisodiyah yang mendatangkan para entrepreneur handal yang telah sukses dalam usahanya memberikan semangat tersendiri bagi para santri untuk menciptakan lapangan kerja. Masih banyak lagi berbagai pengarahan juga kegiatan lain yang diadakan al-iman untuk meningkatkan kwalitas para alumni agar jika kelak telah terjun ke masyarakat benar-benar telah siap untuk berjuang di masyarakat.

Masih banyak lagi pengalaman-pengalaman berharga yang tidak mungkin aku tumpahkan dalam tulisan bertinta hitam ini. Yang pasti kesemuanya tak dapat mengungkapkan tiap detail kejadian yang bermuatan ilmu. Semoga Allah Azza wa Jalla selalu meridloi ku hingga aku bisa mengamalkan apa yang aku bisa dan punya sebaik-baiknya. Satu keinginan terbesar ku adalah bisa mewujudkan syi’ar khairu an-naasi anfa’uhum li an-naas.

*Tulisan dibuat sebagai persyaratan pendaftaran Paramadina Fellowship 2009 

Comments

Popular Posts