Mendukung Atlet Semudah Ketikan Jari; Dukung Bersama Asian Games 2018

Asian Games 2018
Menjadi atlet adalah salah satu profesi yang sangat aku inginkan saat ini. Padahal waktu kecil dulu setiap ditanya cita-cita selalu jawabnya jadi polisi. Tapi ya namanya angan selalu jauh dari kenyataan. Olahraga saja hanya aku lakukan saat ingat, belum menjadi kebutuhan. Ya kadang menggebu-gebu, lebih sering bertopang dagu.

Saat ini aku aktif mengikuti/menonton pertandingan olahraga, khususnya badminton. Meski hanya menyaksikan dari layar kaca. Mengikuti newsfeed dan media sosial para atlet. Sedikit-sedikit mulai tahu seluk beluk dunia atlet. Cuma HEBAT yang keluar dari gumamanku. Para atlet lahir bukan dari sulap dan kerjapan mata. Mereka yan memang dididik dan diarahkan dari balita untuk menekuni profesinya. Gila! Penantian belasan hingga puluhan tahun untuk bisa tanding di kancah-kancah tinggi sekelas dunia. Bergabung dengan para atlet lainnya. Itu sebagian kecil yang terlihat. 

Ada di sisi lain, atlet yang telah berjuang dengan hebatnya tapi masih bertahan di level nasional. Apa mereka tidak hebat? Justru mereka para pahlawan tanpa tanda jasa dalam dunia olahraga. Tak banyak disorot media, tak terlalu dikenal publik, tapi tetap berjuang untuk Indonesia. Semua atlet yang telah memilih profesi olahraga semuanya hebat. Tanpa terkecuali. Di setiap pertandingan aku yakin mereka telah melakukan yang terbaik untuk bisa menang. Meski kadang tim lawan memang harus diakui kemampuannya lebih baik di satu sisi dibanding atlet kita.

Lihatlah para atlet itu. Setiap hari mereka berjuang sekuat tenaga di luar hingga di dalam lapangan. Latihan fisik yang dibangun dari kecil dan terus dipertahankan hingga dewasa itu tidak mudah. Konsistensi mereka patut kita acungi jempol. Jangan sampai menonton mereka kalah dalam satu pertandingan membuat kita kecewa pada atlet Indonesia. Sedih boleh, jangan kecewa berpanjangan.

Dukungan Langsung
Bagaimanapun kita juga bisa membantu para atlet untuk mengibarkan merah putih dan memperdengarkan lagu Indonesia Raya di hadapan dunia. Beri mereka dukungan dengan terus menyaksikan pertandingan demi pertandingan. Gaungkan yel-yel kepada atlet Indonesia di setiap stadion. Suaramu adalah amunisi semangat kepada para atlet. Banyak atlet Indonesia yang diwanwancarai, kenapa mereka lebih suka bertanding di tanah air? Jawabannya adalah suporter Indonesia luar biasa dukungan semangatnya. Yang ditunjukkan dengan yel dan tepuk tangan tanpa henti. Hal tersebut tentu saja memicu semangat atlet dalam bertanding.

Dukungan Tidak Langsung
Suarakan dukunganmu, sebarkan pertandingan yang kamu tonton melalui media sosial yang kamu miliki. Viralkan Asian Games 2018. Tunjukkan apa yang bagus dari negara kita. Bukan hanya tempat, tapi juga tutur kata, perilaku, dan interaksi yang baik harus kita tunjukkan saat berkomunikasi dengan warga asing. Buat ratusan ribu atlet manca negara yang bertanding dalam Asian Games datang kembali mengunjungi Indonesia. Kunjungan turis asing sangat berdampak terhadap devisa negara. Secara tidak langsung kita bisa jadi duta Indonesia.

Keberhasilan pelaksanaan Asian Games 2018 ini merupakan simbol keberhasilan Indonesia di mata dunia. Tunjukkan pada dunia bahwa kita bisa. Karena ketikan jari kita pada keyboard handphone dan layar pc bukan apa-apa dibanding kucuran keringan para atlet. Mari lakukan apa yang menjadi bagian kita, yang bisa kita lakukan. Ambil bagian dalam sejarah, #dukungbersama kesuksesan Asian Games 2018!
Asiangames2018.id

#DukungBersama
#AG2018BlogChallenge
Related image
asiangames2018.id

Comments

Popular Posts